5 Tempat Wisata Pulau Seribu Wajib Dikunjungi

Wisata Pulau Seribu

Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah wisata alam yang populer di Ibukota Republik Indonesia, Jakarta. Letak Kepulauan Seribu yang tidak jauh dari Jakarta menciptakan tujuan ini tidak jarang menjadi incaran pelarian sejenak di akhir pekan guna warga Jakarta dan wilayah lainnya. Kepulauan Seribu merupakan kawasan gugus pulau yang letaknya ada di Teluk Jakarta. Wilahnya sendiri berupa kabupaten administratif daribagian Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Pulau Seribu berbeda dengan pesisir pantai bagian utara didistrik seikitar Jakarta yang tak asing kumuh, kotor dan tidak lumayan terawat. Pulau Seribu ini justeru sebaliknya, sangat teratur, bersih, air lautnyajernih dan pemandangannya sangat cantik. Bahkan, Kepulauan Seribu mendapat julukan Maldiven van Java yang merujuk pada keelokan pulau-pulau tropis yang berjejer layaknya di Maladewa. Kepulauan Seribu memiliki ratusan pulau yang beberapa besar tak berpenghuni.

Kepulauan Seribu memiliki ratusan pulau yang tersebar dan uniknya nyaris mayoritas pulau-pulau tersebut tidak berpenghuni. Meski tidak tidak banyak yang tidak berpenghuni, tetapi urusan itu tidak menghalangi wisatawan untuk menyambangi dan menikmati keelokan sajian pulau-pulau yang ada. Berikut ialah sejumlah wisata pulau seribu yang me sti disinggahi traveler kala berkunjung ke Kepulauan Seribu:

  1. Pulau Harapan

Pulau Harapan, cocok dengan namanya, memang menyerahkan harapan indah untuk setiap wisatawan yang berkunjung. Pulau ini sangat estetis dan menawarkan tidak sedikit pesona unik. Di pesisi pantai pulau ini, terdapat suatu jembatan kayu yang dapat digunakan guna bersantai sembari merasakan luasnya lautan biru dan gugusan pulau kecil yang bertebaran di kejauhan. Pulau Harapan familiar dengan keindahan terumbu karang yang membuat tidak sedikit wisatawan yang kegemaran menyelam dan snorkeling kerasan berlama-lama sedang di air. Bila menyelam hingga ke dasar laut, akan terlihat bentangan estetis terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

Dilansir situsĀ Agen Judi Bola Terpercaya Snorkelling di atas permukaan laut juga tak kalah menyenangkan. Wisatawan dapat menikmati berenang dikitari gugusan terumbu karang dangkal dan ikan-ikan kecil yang berenang lincah. Pulau Harapan ialah rumah untuk sekelompok fauna langka yakni Elang Bondol yang pun terdapat suatu penangkaran guna melindungi fauna ini dari kepunahan. Jadi, di samping berwisata alam, wisatawan juga dapat sekalian berwisata pendidikan dengan memahami lebih jauh habitat dan kehidupan Elang Bondol.

  1. Pulau Ayer
Wisata Pulau Seribu
Wisata Pulau Seribu

Dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan Seribu, Pulau Ayer memang mempunyai keindahan alam bak mutiara yang berkilau dengan cantiknya. Lokasi pulau ini mudah dicapai karena melulu berjarak selama 14 km dari dermaga di Pantai Marina, Ancol. Pulau Ayer menawarkan sensasi liburan bak di sedang di Maladewa menyeluruh dengan cottage-cottage yan di bina di atas laut. Cottege-cottege ini di bina di atas laut yang bening dan biru. Konsepnyalaksana rumah-rumah tradisional bergaya etnik Papua. Tentu saja keanehan pulau ini semakin meningkat dan menciptakan wisatawan rela antrisejumlah lama demi dapat membooking cottege ini sekadar menikmati sensasi liburan bak di Maladewa yang eksotis.

Pulau Ayer mempunyai sejarah yang sehubungan dengan Presiden RI kesatu , Ir. Soekarno. Dulu, Bung Karno tidak jarang pergi ke pulau ini guna beristirahat dan menyegarkan pikirannya dari beban kegiatan sebagai kepala negara . di area pulau ini, wisatawan juga dapat melihat langsung biawak yang tidak sedikit berkeliaran. Ya, pulau ini ternyata pun menjadi habibat untuk sekumpulan fauna biawak yang jinak sampai-sampai pengunjung dapat dengan aman menyaksikannya dari jarak dekat.

  1. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari ialah satu satu pulau di Kepulauan Seribu yang letaknyasangat dekat dengan daratan DKI Jakarta. Jauhnya melulu sekitar 15 kilometer sampai-sampai wisatawan yang datang ke pulau ini masih dapat melihat gedung-gedung bertingkat yang terlihat laksana miniatur dari kejauhan. Pulau ini menawarkan sensasi wisata laut yang nyaris sama dengan pulau lain, yakni diving, snorkeling, berperahu menyusuri pantai, atau sebatas duduk di tepian pantai yang berpasir halus sembarimerasakan angina sepoi-sepoi. Karena masih dekat dengan daratan, banyak sekali pengunjung yang datang ke pulau ini berangjangsana dari pagi sampai senja hari dan tidak menginap.

Pulau Bidadari mempunyai sejarah panjang yang sudah dibuka sejak zaman kerajaan dahulu kala. Konon, Pangeran Jayakarta dulunya sering memakai pulau ini sebagai lokasi berlibur bareng para anggota kerajaan lainnya. Pulau ini memang estetis dan tenang, diperbanyak dengan adanya tanaman hutan mangrove yang membuat kecantikan pantai ini semakin terlihat mencolok.

  1. Pulau Onrust

Tak jauh dari Pulau Bidadari, terdapat Pulau Onrust yang kental dengan nuansa peninggalan sejarah tempo dulu. Pada masa penjajahan Belanda, pulau ini kerap dipakai sebagai lokasi persinggahan kapal kumpeni Belanda sebelum berlabuh di pelabuhan Sunda Kelapa. Tak heran, andai saat initidak sedikit ditemui banya website kuno peninggalan Belanda yang duludi bina di pulau ini. Di pulau ini ada satu bangunan peninggalan Belanda yang masih utuh. Karena keanehan desain dan sisi historisnya, bangunan ini lalu dipakai sebagai Museum Pulau Onrust.

Pulau Onrust paling tepat dipakai untuk tempat menyaksikan wisata laut sekaligus meningkatkan pengetahuan mengenai sejarah Indonesia dengan wisata pendidikan di museum. Tak melulu di dalam museum, pengunjungdapat juga berlangsung berkeliling pulau dan melihat tidak sedikit peninggalan Belanda lain laksana benteng dan pelabuhan kuno yang masihtidak dipedulikan ada sebagai website sejarah.

  1. Pulau Kotok

Pulau Kotok ialah destinasi wisata yang sempurna guna melakukan kegiatan menyelam dan snorkeling sebab taman bawah lautnya yang sangat estetis dan terjaga dengan baik. Pulau ini memang dipertahankan keindahan dan kealamiannya serta tidak adanya wahana permainan airlaksana banana boat atau wahan air beda yang bisa dominan terhadap kelestarian terumbu karang dan koral yang terdapat disini. Jadi,kegiatan diving dan snorkeling memang menjad opsi utama yang dapat dilakukan di pantai ini. Dijamin wisatawan akan bengong pada kekayaan taman bawah lautnya yang dapat dibilang sangat menyeluruh dan masih murni tanpa campur tangan manusia.

Di daratan Pulau Kotok, tidak sedikit ada tumbuhan yang didominasi vegetasi asli. Hal ini wajar menilik pulau ini tak berpenghuni sampai-sampai keasrian lingkungannya masih paling terjaga dengan baik dan murni. Uniknya, terdapat cottege di atas pohon yang disediakan untuk pengunjug yang hendak menikmati keindahan pulau dan pantai dari elevasi sambil ditemani angina yang bertiup sepoi-sepoi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *